Ini Dia 3 Alasan Wisatawan Datang ke Indonesia


Tengah tahun ini, Visa mengadakan survei tentang minat wisatawan mengunjungi Indonesia. Ternyata ada 3 alasan lho mengapa wisatawan datang ke Indonesia, yaitu untuk melakukan aktivitas outdoor, mencicipi kuliner Indonesia, dan berolahraga air.

Survei yang dilakukan Visa tengah tahun ini adalah yang keenam dan pertama kali diadakan secara global. Survei ini melibatkan 11.620 responden, 23 negara dari 3 benua, yang merupakan nasabah Visa.

"Berbeda dengan survei sebelumnya, survei tahun ini dilakukan secara global, tidak hanya mencakup wilayah asia pasifik, tetapi juga luar Asia Pasifik," kata Presiden Direktur PT Visa Worldwide, Ellyana Fuad, pada jumpa pers di Restoran Seribu Rasa, Jl H Agus Salim 128, Menteng, Rabu (28/12/2011).

Dari survei, ternyata ada 3 alasan mengapa wisatawan datang berkunjung ke Indonesia. Alasan pertama adalah karena Indonesia memiliki tempat asyik untuk melakukan aktivitas outdoor, seperti golf.

Wisatawan mancanegara yang kebanyakan berasal dari Singapura dan Malaysia ini, lebih memilih bermain golf di Indonesia ketimbang negaranya sendiri. Ini karena fasilitas yang memadai, ditambah pemandang indah yang bisa dilihat dari sekitar lapangan golf.

"Tak tanggung-tanggung, hampir setiap minggu mereka datang untuk bermain golf di Indonesia," ujar Elly.

Daya tarik lain yang mengundang wisatawan datang ke Indonesia adalah untuk berwisata kuliner. Indonesia yang memiliki banyak provinsi tentu kaya dengan makanan khas di setiap daerahnya. Ini mengundang para wisatawan untuk datang mencicipi aneka makanan lezat dari Indonesia.

"Salah satu contoh yang menjadi daya tarik wisatawan adalah jamu tradisional. Jamu memiliki rasa yang khas dan sangat menarik wisatawan," ungkap Elly.

Nah, olahraga air ternyata di posisi ketiga alasan wisatawan mengunjungi Indonesia. Kini, olahraga air memang tengah marak di Indonesia, banyak wisatawan baik lokal maupun mancaranegara yang datang untuk menikmati keindahan alam sambil berolahraga air. Salah satu olahraga air yang paling banyak diminati adalah surfing di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Mentawai adalah second best surfing place in the world setelah hawai, tak heran bila wisatawan berbondong-bondong datang ke sana," kata Elly.

Selain Mentawai, kawasan yang ramai dikunjungi adalah Raja Ampat, Papua. Banyak wisatawan yang diving dan snorkeling menikmati alam bawah lautnya.

Ayo! Kita tingkatkan pelayanan pariwisata Indonesia, supaya semakin banyak wisatawan yang datang.


Sumber : Detik Travel

You Might Also Like

0 komentar