INILAH STRATEGI UNTUK MENARIK WISATAWAN DI 2012


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan tiga strategi promosi wisata di dalam negeri untuk 2012. "Strategi promosi wisata yang kita terapkan untuk tahun depan belum banyak mengalami perubahan, kami sudah menetapkan tiga strategi," kata Direktur Promosi Dalam Negeri Kemenparekraf, Muhammad Faried di Jakarta, Jumat (16/12/2011).


Kami yakin strategi ini mampu memobilisasi wisatawan domestik sekaligus mendatangkan wisatawan mancanegara.
-- Muhammad Faried


Faried mengatakan, tiga hal itu yakni sales mission atau direct selling, penyelenggaraan acara berskala nasional maupun internasional dan pergelaran festival serta pekan seni budaya langsung di daerah-daerah potensial.

Kemenparekraf juga akan mengoptimalkan promosi khusus untuk menyasar segmen-segmen tertentu seperti promosi secara online dan mengoptimalkan fungsi pusat informasi wisata yang telah ada misalnya di Bandara-bandara internasional di Tanah Air. "Kami yakin strategi ini mampu memobilisasi wisatawan domestik sekaligus mendatangkan wisatawan mancanegara," katanya.

Menurut Faried, tahun depan diperlukan upaya promosi yang lebih gencar mengingat target jumlah wisatawan mancanegara yang dipatok meningkat menjadi 8 juta sepanjang 2012. Target itu naik dibandingkan tahun ini dengan tetap mempertimbangkan kondisi perlambatan ekonomi global yang dampaknya diperkirakan mulai terasa tahun depan. "Khusus untuk event daerah kami upayakan yang benar-benar memiliki value tinggi," katanya.

Sumber : Kompas

You Might Also Like

0 komentar