5 Tips Liburan Saat Cuaca Tak Menentu


Apa jadinya jika Anda sudah mempersiapkan liburan matang-matang namun cuaca tak mendukung? Menunda liburan atau malah membatalkan liburan tentu bukan pilihan yang menyenangkan. Ikuti 5 tips liburan pada saat cuaca sedang tidak menentu.

Pagi hari yang cerah membuat Anda memilih baju santai yang cenderung tipis untuk dipakai. Tapi hujan di siang hari membuat Anda merasa salah berpakaian. Sore yang kembali cerah akan kembali membuat bingung.

Ikuti 5 tips berikut agar tetap aman liburan dengan cuaca yang tidak menentu:

1. Jangan tertipu dengan cuaca

Jangan tertipu dengan pagi yang cerah, bisa jadi siangnya malah hujan. Begitu juga sebaliknya. Jangan kalah dengan cuaca mendung atau hujan di pagi hari, siapa tahu siang dan sorenya akan cerah. Jadi tetaplah pada rencana liburan Anda meski pagi sedang mendung.

2. Bawa persiapan 'perang'

Dengan cuaca yang cepat berganti, berbagai perlengkapan harus disiapkan matang-matang. Bawa vitamin dan obat-obatan untuk menangkal penyakit yang sering datang pada saat musim pancaroba. Baju ganti juga harus masuk dalam daftar perlengkapan yang wajib dibawa. Persiapkan satu pakaian untuk udara dingin dan satu untuk udara panas.

3. Selalu sedia payung di dalam tas

Pada saat hujan, jaket akan melindungi Anda dari cuaca dingin. Sedangkan pada cuaca panas, sunblock akan melindungi kulit Anda dari matahari. Tapi ada satu benda yang berguna di kedua macam cuaca, yaitu payung. Payung bisa melindungi Anda saat hujan dan juga panas. Jadi jangan pernah ketinggalan membawa payung di dalam tas Anda.

4. Punya twitter? Follow BMKG

Tidak cukup memantau info dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika saat sebelum berangkat? Ikuti terus perkembangan cuaca melalui sosial media twitter. Dari twitter, Anda bisa mengetahui perkembangan terakhir cuaca di daerah yang ingin dituju. Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada pihak BMKG dengan media ini. Pastikan liburan Anda di bawah kendali dengan bantuan @infoBMKG.

5. Persiapkan rencana cadangan

Tentu Anda tidak bisa memaksakan tetap berlibur ke gunung ketika hujan tak berhenti. Persiapkan rencana lain yang tidak kalah seru untuk menggantikan rencana awal yang tidak memungkinkan. Jika ingin tetap ke gunung, Anda bisa berwisata ke permandian air panas. Berendam di kolam hangat pada saat udara dingin pasti menyenangkan.

You Might Also Like

0 komentar