5 Tips Berlibur dengan Uang Pas-Pasan


Uang yang terbatas bukan berarti liburan juga harus dibatasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap berlibur meski kantong sedang tipis. Berikut 5 tips berlibur asyik dengan uang pas-pasan.

Meski dana yang dimiliki tidak terlalu besar, Anda tetap bisa menikmati liburan dengan menyenangkan. Inilah 5 tips berlibur dengan uang pas-pasan :

1. Gunakan angkutan umum termurah

Jika selama ini Anda berlibur dengan menggunakan pesawat, karena uang pas-pasan kini saatnya liburan dengan menggunakan angkutan umum. Anda bisa menggunakan kereta, bis, atau kapal ferry. Masing-masing angkutan umum tersebut tergolong murah dan mudah ditemui. Selain bisa menghemat pengeluaran, Anda pun bisa mengenal banyak orang baru yang ditemui di sepanjang perjalanan. Siapa tahu kenalan baru Anda bisa menunjukkan tempat-tempat liburan yang asyik dan terjangkau kantong. Asyik kan?

2. Menginap di tempat teman atau saudara

Memiliki saudara yang tinggal di luar kota jadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang senang traveling. Dengan begitu, Anda bisa menginap di rumah saudara. Jika tidak memiliki saudara yang tinggal di luar kota, Anda bisa menginap di rumah teman yang tinggal di kota tempat Anda liburan. Menginap di tempat teman atau saudara bisa menekan pengeluaran liburan cukup besar.

Harga penginapan murah kira-kira Rp 150.000 per malam, bayangkan berapa yang bisa Anda hemat jika menginap di rumah teman atau saudara selama 3 hari. Selain lebih murah, Anda pun bisa kenal lebih dekat dengan teman dan saudara.

3. Siasati pengeluaran makan

Menghemat pengeluaran saat liburan bisa dilakukan dengan cara membatasi biaya makan. Jika selama ini Anda menganggap makan di restoran fast food sudah cukup murah, coba dulu makan di tempat lain. Anda bisa makan di warteg atau warung makan kaki lima yang tersebar di pinggir jalan. Tempat makan ini jauh lebih murah dari restoran fast food. Biasanya warung makan kaki lima selalu menyediakan minum air putih atau teh tawar hangat, gratis. Lumayan kan?

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih warung pinggir jalan. Perhatikan kebersihan dan makanan di warung. Lihat baik-baik apakah banyak lalat yang berkeliaran atau apakah makanan yang disajikan masih dalam keadaan baik. Meski hemat, Anda tetap harus memperhatikan kesehatan.

4. Kunjungi tempat wisata yang gratis

Berwisata tidak harus ke tempat yang memiliki tiket masuk mahal. Anda pun bisa tetap senang-senang di tempat yang gratis namun tidak kalah seru dengan tempat wisata berbayar. Anda bisa mendatangi alun-alun kota untuk menikmati suasana sebenarnya kota tersebut. Jika sedang beruntung, Anda bisa menikmati acara yang digelar di sana.

Selain alun-alun, Anda pun bisa berkunjung ke pasar tradisional. Menjelajahi deretan sayuran, makanan dan barang-barang lainnya, bisa jadi hiburan tersendiri. Selain itu, menikmati komunikasi antar penjual dan pembeli juga bisa membuat Anda merasa lebih dekat dengan kehidupan di kota yang sedang Anda kunjungi. Pantai, pura dan taman kota juga bisa jadi variasi tempat wisata gratis lainnya untuk bahan pilihan Anda.

5. Urungkan niat belanja Anda

Dengan uang yang pas-pasan, sudah semestinya kata belanja dicoret dari daftar kegiatan Anda. Tidak perlu belanja jika tidak terlalu mendesak. Anda harus melawan keinginan belanja yang sudah menggila, ingat, uang Anda terbatas. Hal ini juga berpengaruh dengan oleh-oleh. Karena kantong tipis, Anda tidak perlu membeli oleh-oleh. Jika tetap merasa tidak enak dengan keluarga dan teman di rumah, Anda bisa membeli oleh-oleh yang banyak namun murah seperti kerupuk atau keripik.


Sumber : detik Travel

You Might Also Like

0 komentar