Pertama Kali Surfing? Baca 7 Tips Ini

Melihat para peselancar bermain dengan ombak memang menggoda. Ingin rasanya bisa ikut meliuk-liuk di atas papan selancar. Ikuti 7 tips bagi Anda yang ingin mencoba olahraga surfing.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk mencoba. Jika Anda ingin mencoba surfing, lakukan segera. Jangan terlalu lama menimbang-nimbang. Agar lebih yakin kami telah menyusun 7 tips bagi Anda yang ingin mencoba surfing:

1. Minta bantuan pelatih

Anda selalu butuh bantuan pelatih saat pertama kali surfing. Tidak hanya untuk mengajarkan, tapi juga untuk menjaga Anda. Anda akan dibimbing saat pertama kali jatuh dari papan dan bagaimana cara kembali ke atas papan. Pelatih juga bisa membantu Anda saat sedang mengayuh. Biasanya, tempat penyewaan papan selancar juga menyediakan paket bersama pelatih. Jangan malu untuk bertanya banyak hal kepada pelatih, karena memang itu tugas pelatih.

2. Pilih papan yang tebal dan berujung tumpul

Berbagai jenis papan seluncur akan Anda temukan di tempat penyewaan. Papan yang lancip, ringan dan kecil tentu menarik perhatian. Tapi jangan sekali-kali menggunakan papan tersebut karena papan itu hanya untuk peselancar profesional. Bukan tanpa beralasan, papan yang kecil memang lebih ringan, namun lebih mudah tenggelam.

Gunakan papan yang tebal dan berujung tumpul. Papan jenis ini akan lebih kuat untuk menopang badan Anda yang masih belum terbiasa dengan ombak dan papan.

3. Jangan lewatkan sesi pemanasan

Sebelum terjun ke air, Anda diwajibkan melakukan pemanasan. Jangan sampai kram menyerang saat sedang berada di lautan. Selain membahayakan, hal ini juga bisa menggagalkan rencana surfing Anda. Cukup lakukan pemanasan dari kepala sampai kaki, jangan terlalu berat. Jangan sampai Anda sudah lelah sebelum sampai ke laut.

4. Hindari mendayung terlalu kuat

Anda akan diajak mendayung dengan tangan untuk mencapai tempat tepat untuk menangkap ombak. Pada awalnya, mendayung melawan ombak memang kegiatan yang cukup menguras tenaga. Tapi tenang, ada triknya. Jangan mendayung saat ombak sedang menerpa Anda, tunggu ombak berlalu dan Anda bisa mengayuh lebih cepat pada saat ombak sudah lewat.

Rapatkan jari-jari Anda saat mendayung. Hal ini akan banyak membantu proses mendayung Anda. Jari-jari yang rapat mampu mendorong lebih jauh dibanding jari-jari yang terbuka.

5. Gunakan perut atas untuk menahan badan

Saat mendayung, Anda otomatis akan tiduran di atas papan. Jangan rebahkan seluruh badan Anda. Selain akan membuat lebih cepat lelah, merebahkan badan saat mendayung juga akan menyakiti dada dan lengan. Angkat dada dan tumpukan berat pada otot perut atas Anda. Hal ini memudahkan saat mendayung dan menghindari sakit di daerah yang tidak perlu.

6. Sabar menunggu ombak yang tepat

Mendapat ombak baik adalah suatu keberuntungan. Oleh karena itu, Anda harus sabar dalam menunggu. Setelah berkali-kali terlewat ombak, Anda tentu bisa membaca dan mengejar ombak yang tepat. Perhatikan gelombang dan bersiap saat gelombang akan datang. Jika tidak sempat, jangan paksakan untuk mengejar, karena hanya akan membuat Anda tergulung ombak.

7. Berdirilah tanpa ragu-ragu

Bagi pemula, berdiri di atas papan adalah pencapaian tertinggi. Memang sulit dan butuh perjuangan yang cukup keras. Saat Anda sudah ada di atas ombak, berpegangan kuat pada kedua tepi papan, angkat badan perlahan, majukan satu kaki. Saat merasa sudah yakin, segera naikkan kedua kaki, jangan ragu-ragu. Karena gerakan lambat dan ragu-ragu akan membuat Anda kehilangan keseimbangan.

Selamat bermain dengan ombak!



Sumber : Detik

You Might Also Like

0 komentar