Hindari 5 Hal Ini Saat Traveling Jauh dalam Waktu Singkat

Bepergian jauh lintas benua memang menyenangkan, tapi bagaimana jadinya kalau waktu yang tersedia untuk liburan hanya sebentar? Agar liburan tetap nyaman, ikuti 5 tips berikut.

Dikutip dari Budget Travel, berikut adalah 5 hal yang harus dihindari saat traveling di negara atau kota yang jaraknya jauh:

1. Booking Hotel yang Terlalu Jauh dari Tujuan Wisata

"Kesalahan terbesar yang dilakukan para traveler ketika merencanakan liburan singkat adalah pesan hotel yang terlalu jauh dari destinasi wisata," terang ahli travel John E DiScala.

Misalnya Anda ingin berkunjung ke Museum Louvre di Paris, tapi tempat menginap jauh dari pusat kota. Tentu Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai tempat tujuan dan biaya transportasi juga lebih mahal. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin ke taman hiburan Disneyland di Florida, misalnya, pantai terkenal atau bangunan bersejarah. Dengan memesan penginapan di dekat destinasi wisata, Anda bisa berhemat pengeluaran dan efisiensi waktu.

2. Tidak Memperhitungkan Barang Bawaan

Terlalu banyak membawa barang, terutama pakaian akan membuat koper Anda berat dan menghalangi kenyamanan saat berkeliling. Bawalah pakaian secukupnya dan jangan lupa memerhatikan cuaca dan iklim di negara tujuan liburan Anda.

"Untuk negara beriklim hangat, cukup bawa beberapa pakaian yang berbahan ringan," saran agensi travel yang berbasis di Florida, AS, Mike Cooney. Anda bisa menyiapkan kaus atau summer dress dari bahan katun atau spandex yang tipis dan nyaman dikenakan. Cara ini tentunya akan membantu meringankan koper Anda.

Sementara jika ke negara dengan iklim dingin, kenakan busana dengan teknik tumpuk, misalnya T-shirt, cardigan, coat, legging dan celana panjang sekaligus.

"Cara ini akan mengurangi muatan di koper Anda dan tentunya meringankan perjalanan," tambah Mike.

3. Terlalu Banyak Rencana

Begitu antusiasnya ingin menjelajah semua daya tarik wisata di negara tujuan, Anda pun mengunjungi terlalu banyak tempat sehingga tidak sempat menikmati waktu kunjungan yang terlalu singkat. Liburan adalah waktu untuk santai, jangan sampai Anda dibuat stres karena terburu-buru datang dari tempat yang satu ke tempat lainnya. Untuk itu, perhitungkan dengan matang ke mana tujuan Anda. Browsing dan cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang paling layak dikunjungi di negara tersebut.

Pertimbangkan juga apa yang menjadi ketertarikan Anda. Jika bukan penikmat seni, maka tidak perlu mengunjungi galeri atau museum seni. Misalnya Anda penggemar arsitektur, maka kunjungilah bangunan yang memiliki seni arsitektur tinggi. Intinya, semua kembali lagi ke selera pribadi masing-masing dan gunakanlah itu sebagai panduan agar liburan singkat Anda lebih berkesan.

4. Tidak Punya Rencana

Terlalu banyak rencana bisa membuat liburan jadi bencana, begitu juga jika tidak mempunyai rencana. Ambil saja contoh, Anda dan teman-teman ingin pergi ke tempat makan outdoor saat berlibur ke Paris. Ternyata, waktu yang dipilih adalah jam sibuk dan semua tempat duduk terisi penuh. Akibatnya, rencana makan pun gagal, Anda pun hanya bisa menikmati kebab di pinggir jalan. Untuk menghindari kejadian serupa, pastikan Anda sudah tahu budaya dan aktivitas penduduk lokal. Bisa juga menanyakan pada pihak hotel, rekomendasi tempat dan waktu yang ideal untuk mengunjungi tempat tertentu.

5. Tidak Memperhitungkan Perbedaan Waktu

"Kemanapun Anda pergi, sebisa mungkin cocokkan jam dengan waktu di tempat Anda berada," ungkap Mike.

Jika tidak teliti, perbedaan waktu yang cukup jauh akan membuat Anda lupa dan kehilangan momen-momen menyenangkan, seperti Anda masih terlelap tidur saat siang hari, sementara mata terbuka lebar di malam hari.

Atur jam sesuai negara tujuan sebelum keberangkatan pesawat untuk mengantisipasi perbedaan waktu. Saat tiba di hotel, jangan langsung tidur. Istirahatlah sejenak kemudian berkeliling di sekitar kota, nikmati makanan atau minum secangkir kopi hangat.

"Rencanakan lebih banyak aktivitas outdoor di hari pertama kedatangan Anda ke negara dengan perbedaan waktu yang jauh. Sinar matahari dan udara segar akan membuat Anda tetap berenergi. Jika ingin tidur siang, sediakan cukup 20 menit saja," saran Mike.

Sumber : Detik Travel

You Might Also Like

0 komentar