Mitos Gua Sunyaragi, Dari Enteng Jodoh Sampai Sulit Jodoh

Cirebon - Gua Sunyaragi di Cirebon tidak hanya menarik dikunjungi, namun juga memiliki banyak mitos. Komplek Gua Sunyaragi sendiri cukup besar. Ada bagian tertentu yang dipercaya bisa membuat enteng jodoh sampai sulit jodoh.

Gua Sunyaragi atau juga disebut Taman Sari Gua Sunyaragi, merupakan tempat pertapaan sekaligus tempat penggemblengan tentara kesultanan Cirebon dahulu kala. Ketika berkunjung ke Gua Sunyaragi, ternyata Gua Sunyaragi juga punya banyak mitos soal jodoh.

Mitos jodoh pertama dapat Anda temukan di salah satu bagian Gua Peteng yang masih berada di komplek Gua Sunyaragi. Tepat di depan pintu masuk gua setelah melewati kolam, terdapat patung batu Perawan Sunti.

Apabila banyak objek sejarah yang bikin enteng jodoh, ini malah kebalikannya. Konon siapa pun yang memegang batu tersebut, akan sulit jodoh. Percaya tidak percaya, Anda sebaiknya memakai tour guide, daripada salah pegang dan malah kejadian. Hehehe...

Apabila seandainya Anda tidak sengaja memegang patung batu Perawan Sunti, mungkin ada baiknya Anda 'berobat' ke Gua Kelanggengan yang berada tidak jauh dari pohon lengkeng yang sudah berumur ratusan tahun dan tinggal kulitnya saja.

Mitosnya, siapapun yang masuk ke Gua Kelanggengan akan enteng jodoh. Jika sudah punya jodoh, dipercaya akan langgeng terus cintanya sampai janur kuning melambai. Tapi saat musim hujan seperti sekarang, gua ini tidak dapat dimasuki karena tergenang air.

Uniknya, tepat di samping Gua Kelanggengan terdapat sesosok batu berbentuk manusia. Ternyata, batu tersebut mempunyai wujud garuda yang dililit ular. Maknanya, seorang pemimpin yang sudah berkuasa tidak boleh lupa akan tanggung jawabnya pada rakyat.

Gua Sunyaragi dibangun selama tiga periode, dan diprakarsai oleh Pangeran Emas Zaenul Arifin atau Panembahan Ratu Pertama di awal abad ke-18. Kini, Gua Sunyaragi lebih populer didatangi wisatawan yang ingin menyaksikan langsung keunikan sejarah Cirebon ini.

Jadi, apakah Anda ingin mencari jodoh atau tidak ingin mencari jodoh? Apapun keinginan Anda, Gua Sunyaragi di Cirebon tetap mempesona dan menarik untuk disinggahi.

Tidak akan pernah menyesal ketika Anda dan keluarga berkunjung ke Cirebon.

Selamat berlibur di Cirebon.


Gua Kelanggengan, yang dipercaya enteng jodoh

Patung Batu Sosok Garuda yang dililit Ular

Pohon Leci yang Berumur Ratusan Tahun yang hanya disangga kulitnya saja













Sumber : Detik Travel & Jasa Wisata Tour Organizer

You Might Also Like

0 komentar