Secantik Ini Pantai Burung Mandi di Belitung Timur


Belitung Timur - Tidak semua pantai di Belitung memiliki batu granit. Yang satu ini tak dilengkapi dengan batu alam namun pemandangannya tak kalah cantik. Inilah Pantai Burung Mandi. 

Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Belitung Timur. Warga menyebutnya Pantai Burung Mandi. Traveler akan disuguhkan panorama indah laut biru berombak tenang dan pemandangan ceria warna warni kater atau perahu nelayan yang dilengkapi 'tangan'.

Uniknya, lokasi berada di kaki bukit yang sama namanya dengan pantai yaitu Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung. 

"Di tempat ini ramainya siang menuju sore," kata Prans Aryanto Marbun, staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur, Senin kemarin.


Daerah terdekat dengan pantai Burung Mandi ialah Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Berjarak sekitar 18 kilometer atau jarak tempuh perjalanan darat sekitar 20 menit.

Pantai Burung Mandi berbeda dengan pantai umumnya di Belitung Timur. Pantai ini tidak memiliki granit.

Jelang petang, sejumlah wisatawan duduk santai beralas kursi kayu di pesisir pantai. Sebagian lagi berkumpul di dalam gazebo.



Mereka asyik mengobrol sambil menatap pesona hamparan pasir putih dan pepohonan kelapa di sepanjang pantai. Beberapa bocah bercengkerama riang sambil bermain air laut.

"Akses menuju Pantai Burung Mandi ini ditunjang dengan infrastruktur jalan beraspal yang mulus," ucap Prans.

Banyak perahu atau kater bercat warna warni menghiasi pantai. Perahu nelayan itu memiliki 'tangan' di bagian kanan dan kiri terbuat dari bambu atau pipa paralon. Fungsinya untuk menyeimbangkan posisi kater sewaktu melaut.

Kater merupakan perahu nelayan tradisional yang keberadaannya saat ini sulit ditemukan karena kebanyakan nelayan menggunakan perahu bermotor. Jika ingin berpetualang meraskan sensasi lautan, wisatawan bisa menyewa kater dengan pendampingan nelayan atau pemilik perahu.

"Turnya mengelilingi wilayah pantai dan pulau-pulau, seperti keliling ke Pulau Tang yang letaknya di tengah laut. Untuk menunjang sektor pariwisata di Kabupaten Belitung Timur, tiap tahunnya pada Agustus digelar perlombaan perahu kater," ujar Ketua Kelompok Desa Wisata Misnawati.


Misnawati menjelaskan, wisata bekater ini tarifnya Rp 75 ribu per orang dan Rp 120 ribu per dua orang atau rombongan. Ada juga mancing bekater di area lokai Pantai Burung Mandi sekitar 10 mil dari bibir pantai, tarifnya Rp 150 ribu per orang dan Rp 250 ribu per dua orang atau rombongan.

Dia menjelaskan, seputaran Pantai Burung Mandi tidak terdapat hotel, namun pihaknya menyiapkan dua home stay bagi pengunjung yang berniat menginap. Pengunjung juga dapat menikmati sajian aneka kuliner yang berada di warung-warung. Kesegaran air kelapa muda sangat cocok menemani suasana santai di Pantai Burung Mandi.


Sumber : Detik Travel

You Might Also Like

1 komentar

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda yang mengenai "Secantik Ini Pantai Burung Mandi di Belitung Timur".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    BalasHapus