Caruban Travel Mart (CTM)

Melihat wilayah geografis, khususnya Cirebon yang terletak di Propinsi Jawa Barat dan letaknya yang sangat strategis, salah satunya dengan telah beroperasinya Ruas Jalan Tol Cikampek Palimanan (CIPALI) dan akan segera dioperasikannya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka merupakan peluang bagi Pemerintah dan juga masyarakat Cirebon dalam pengembangan sektor Pariwisata yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Cirebon nantinya. Kabupaten Cirebon memiliki beragam sejarah, seperti Makam Sunan Gunung Jati, Plangon, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Gua Sunyaragi, Kerajinan Kerang, Kerajinan Batik dan didukung obyek – obyek wisata yang ada diwilayah Cirebon dan sekitarnya, serta kuliner khas Cirebon yang sangat menarik,  maka tidak salah kalau Cirebon dikatakan sebagai ujung tombak atau pintu gerbang pariwisata Jawa Barat dan Cirebon Metropolitan Raya.

Untuk meningkatkan nilai jual lebih Cirebon sebagai Daerah Tujuan Wisata dan dikunjungi wisatawan maka perlu sering diadakannya event – event yang tetap dan berkesinambungan baik yang berskala lokal, nasional maupun internasional, salah satunya adalah penyelenggaraan Caruban Travel Mart (CTM).


CarubanTravel Mart (CTM) merupakan kegiatan rutin tahunan yang akan dilaksanakan oleh Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Cirebon serta para pelaku pariwisata Cirebon dan dimotori oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon. Diselenggarakan dengan maksud dan tujuan untuk mempertemukan pelaku wisata dari luar Cirebon (Travel Owner Domestic & Internasional) yang mana nantinya disebut dan diharapkan dapat berperan sebagai Buyer.  Pelaku wisata dari Lokal Cirebon (ASPPI, PHRI, HPI, GAPITT) ataupun undangan khusus yang memang kita buka peluang bagi rekan-rekan dari luar Cirebon yang selanjutnya disebut sebagai Seller, sehingga dapat memberikan peluang bisnis bagi keduanya dan diharapkan dapat turut meningkatkan nilai jual pariwisata Kabupaten Cirebon dan meningkatkan nilai pendapatan daerah khususnya.


Adapun yang menjadi Seller dalam CTM ini adalah Biro Perjalanan Wisata (BPW), Usaha Jasa Pariwisata seperti : Hotel, Restaurant, Objek Wisata yang ada di wilayah Cirebon, Jawa Barat bahkan ada Seller yang berasal diluar Jawa Barat.


Disamping untuk mempertemukan Buyer dan Seller, CarubanTravel Mart (CTM) juga dimaksudkan untuk membangun jaringan kerja (Domestik Tour, In-Bound Domestik serta In-Bound dari Mancanegara), sehingga akan terjadi “Travel Exchange “

You Might Also Like

0 komentar